Dorong Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Kesehatan, USAID ERAT bersama Bapelitbangda Kabupaten Lebak hadirkan Privat Sector

RANGKASBITUNG –  Pemerintah Kabupaten Lebak saat ini sedang melaksanakan program ERAT yang merupakan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia bersama United States Agency For International Development (USAID). Hadirnya program ERAT di Kabupaten Lebak diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik pada organisasi perangkat daerah.

Dalam pembukaan Lokakarya yang bertema “Pemetaan Potensi Kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan Private Sector dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Kesehatan dan Pendidikan di Kabupaten Lebak” yang dilaksanakan di Horison Rahaya Resort Rangkasbitung (15/09/2022),  Sekretaris Bapelitbangda Kabupaten Lebak Widy Ferdian, SP,.MA menyampaikan: “kami menyambut baik Program ERAT dari USAID, harapan kami hadirnya para Proivate Sector di lokakarya ini mampu mengakselarasi perbaikan tata kelola pemerintahan, perbaikan kinerja pelayanan publik sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Hadir pula dalam cara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak yang memaparkan tantangan dan permasalahan pelayanan publik di organisasi perangkat daerahnya masing-masing.

Beberapa narasumber dari Private Sector yang hadir dalam lokakarya tersebut yaitu:

– Perawatku.id (Private Sector Bidang Kesehatan);

– Klinis.com (Private Sector Bidang Kesehatan);

– Quipper.com (Private Sector Bidang Pendidikan);

– Sekolah Merdeka Cita (Private Sector Bidang Pendidikan); dan

– Cakap.com (Private Sector Bidang Pendidikan).

Diskusi dilaksanakan menjadi 2 kelompok yaitu: kelompok pendidikan dan Kesehatan. Meskipun sebagian besar pesertanya perwakilan dari organisasi perangkat daerah, namun diskusinya berjalan dengan dinamis dan santai. Dari diskusi ini para peserta dapat  bertukar pikiran, pengalaman dan  inovasi dengan private sector yang nantinya dapat terapkan dalam pelayanan publik di instansinya masing-masing.