RAPAT KERJA MODEL PERENCANAAN EKONOMI BERKELANJUTAN MELALUI BIOPROSPEKSI DAN EKOWISATA TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK BERBASIS PEMBANGUNAN WILAYAH

KABUPATEN LEBAK- Dalam Rangka adanya inisiasi membangun dan mengembangkan kegiatan bioprospeksi dan ekowisata, menjadi model ekosistem pembangunan wilayah konservasi terintegrasi (Integrated Conservation Development Programme/ICDP) berbasis program FoLU Net Sink 2030 Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dilaksanakan IPB International Convention Center Jl. Pajajaran Raya, RT.04/RW.05, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16127. (Kamis, 6 Oktober 2022)

Sehubungan dengan bioprospeksi dan ekowisata, menjadi model ekosistem pembangunan wilayah konservasi terintegrasi, ada beberapa hal dalam pembahasan kegiatan tersebut diantaranya: a. Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) merupakan ekosistem wilayah pegunungan yang sangat khas dan langka, dan memiliki kekayaan biodiversity yang tinggi, serta budaya dan kearifan masyarakatnya yang sangat khas. Secara geografis dan kewilayahan adminitrasi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak, menjadikan TNGHS sangat strategis; b. Pengelolaan TNGHS sepenuhnya menyatu dalam sistem landuse wilayah pembangunan daerah. Karena itu, koordinasi integrasi dan sinergi dalam satuan wilayah ICDP merupakan kunci dalam penguatan tata kelola governance wilayah terhadap peran dan fungsi taman nasional dan global warming; c. Pengelolaan kawasan konservasi memerlukan kesatuan gerak langkah pembangunan atas dasar kolaborasi penta helix, yaitu pemangku kebijakan, universitas, industri, LSM, dan media masa, yang tepat dan optimal, di mana salah satu pihak yang penting dalam membangun konsep ICDPb adalah pemerintah daerah; d. Dalam rangka diseminasi rencana membangun kolaborasi model ekosistem pembangunan wilayah konservasi terintegrasi (Integrated Conservation Development Programme/ICDP) berbasis program FoLU Net Sink 2030 TNGHS dimaksud, tim  ICDPb – TNGHS telah melaksanakan roadshow audiensi dengan pemerintah daerah terkait pada akhir Bulan Agustus sampai dengan Bulan September 2022; dan e. Memperhatikan poin-poin di atas, tim ICDPb – TNGHS bermaksud untuk menyelenggarakan Rapat Kerja Model Perencanaan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Bioprospeksi dan Ekowisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak Berbasis Pembangunan Wilayah yang rencananya.