KABUPATEN LEBAK PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK RAIH PENGHARGAAN PEDULI HAM TAHUN 2022

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak Raih Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh direktur jenderal Hak Asasi Manusia Menkumham RI mualimmin Abdi kepada Bupati lebak Iti Octavia Jayabaya pada acara peringatan hari HAM sedunia. Bertempat jakarta, Senin (12/12/2022)

Pada kesempatan tersebut, Menkumham RI Yasonna Hamonangan Laoly menyampaikan bahwa upaya menegakan HAM merupakan suatu proses yang terus menurus harus ditingkatkan sebagai amanah seluruh rakyat indonesia melaui ikatan kebangsaan dan kenegaraan di dalam pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara.

“Saya mohon kepada unsur pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah baik yang mendapatkan maupun yang belum mendapatkan penghargaan untuk bersama-sama melaksanakan secara konsisten apa yang menjadi tanggungjawab kita sebagai ASN terhadap HAM’’ Ujar Yasonna

Sementara, Wakil presiden Republik Indonesia K.H. Ma’rum Amin memberikan arahan terkait pemenuhan HAM di Indonesia. Pertama, Wapres meminta agar segenap elemen pemerintah menempatkan setiap kebijakan dalam konteks pemajuan, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM. “Kita tegakkan kesetaraan untuk semua orang tanpa terkecuali”Tutur Wapres

Wapres juga berpesan, sikap yang berimbang antara HAM dan kewajiban asasi manusia harus ada, karena tidak ada hak yang bebas dan absolut, harus ada rambu-rambu dalam menerapkan konsep HAM dalam konteks keindonesiaan, kemanusiaan dan kebangsaan.