BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK GELAR FORUM OPD GUNA MENSINKRONKAN KEGIATAN KECAMATAN DAN RANCANGAN RENJA OPD

Lebak, Kamis (23/2/2023). Guna memaparkan program  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang didalamnya memuat Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan Daerah, serta Isu Strategis. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) gelar Forum OPD di Aula Bankesbangpol. Forum OPD merupakan forum pemangku kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD, juga merupakan agenda langkah tahapan dari Musrenbang tingkat Kabupaten yang akan dilakukan pada bulan Maret nanti.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Sekretaris Bankesbangpol, Kepala Bankesbangpol, dari Komisi I DPRD secara berturut-turut, serta mengundang narasumber dari Bapelitbangda dan BKAD. “Pada tahun 2024 nanti adalah tahun politik, mari sama-sama bersinergi untuk menjadikan pemilu damai dan tenteram, terimakasih juga kepada Bapelitbangda dan BKAD, alhamdulillah kita mendapatkan anggaran terkait pemilu nanti. Ujar H. Sukanta, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bankesbangpol. Sementara itu Komisi I dari Fraksi Golkar, H. Iyang SP mengatakan “kami berharap ada penertiban terkait ormas, apakah itu dengan membentuk inteligen atau yang lainnya”.

Dalam laporannya Kepala Bankesbangpol mengatakan bahwa dasar pelaksanaan ini ialah UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor  8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, tujuan digelarnya Forum OPD untuk mensinkronkan kegiatan pembangunan dari berbagai kegiatan Kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja (Renja OPD).