RAKORTEKRENBANG DESK KEWILAYAHAN, BAPELITBANGDA KABUPATEN LEBAK BAHAS USULAN JALAN USAHA TANI

Bapelitbangda Kabupaten Lebak menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Desk Kewilayahan di Kantor Bappeda Provinsi Banten KP3B Serang pada Selasa (7/03/2023).

Rakortekrenbang dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Banten Dr. Mahdani, SE.,ST.,M.Si.,MM dan dihadiri oleh Bappeda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten.

Kepala Bappeda Provinsi Banten dalam rapat virtual melalui zoom meeting bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, serta kementerian terkait lainnya membahas capaian indikator makro pembangunan di Provinsi Banten. Terdapat 5 (lima) indikator yang dibahas yaitu: (1) Indeks Pembangunan Manusia (IPM), (2) Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE), (3) Tingkat Kemiskinan, (4) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan (5) Rasio Gini.

Salah satu usulan yang dibahas dalam acara tersebut adalah usulan Jalan Usaha Tani. Kabid P2EPD Bapelitbangda Kabupaten Lebak Rian Hardiyan, S.STP.,MAP memaparkan pentingnya Jalan Usaha Tani dalam mendukung sektor pertanian di Kabupaten Lebak. saat ini total volume Jalan Usaha Tani di Lebak sepanjang 147 Km yang lokasinya terpisah dan tersebar. Sektor pertanian juga kontribusinya masih besar terhadap PDRB Kabupaten Lebak. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan jalur distribusi dan produktivitas pertanian di kabupaten Lebak.