BUPATI, SEKRETARIS DAERAH DAN KEPALA OPD MENGIKUTI SOSIALISASI DAN ASISTENSI RB TEMATIK DAN PERUBAHAN ROAD MAP REFORMASI BIROKRASI

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Asisten Administrasi Umum, Inspektur Daerah, Kepala Bapelitbangda, kepala DiskominfoSP dan Kepala BKPSDM menghadiri acara Sosialisasi dan Asistensi Reformasi Birokrasi (RB) Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 Provinsi Banten di Kantor Kementerian PAN RB, Selasa (23/5/2023).
Acara yang digagas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden yang menginginkan reformasi birokrasi berfokus pada dampak langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Diharapkan melalui penyelenggaraan acara tersebut pemerintah daerah dapat memahami penyusunan arah kebijakan, fokus pelaksanaan serta rencana aksi Reformasi Birokrasi yang dapat memberikan solusi dan penyelesaian bagi isu-isu prioritas pembangunan.

Konsep RB Tematik merupakan upaya dan sarana untuk mengurai dan menjawab atau mengatasi akar permasalahan tata kelola pemerintahan (debottlenecking) yang memang dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Dengan teratasinya akar masalah dalam tata kelola tersebut maka diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan dan sasaran kebijakan pembangunan serta terwujudnya kondisi yang diharapkan masyarakat.
Pada kesempatan tersebut, Menteri Anas meminta Kepala Daerah di Provinsi Banten agar meningkatkan capaian penerapan RB tematik, terutama yang berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan. “Kita bersama-sama berupaya agar capaian reformasi birokrasi di Banten terus lebih baik di tahun-tahun yang akan datang sehingga masyarakat Banten akan merasakan dampak baiknya, seperti penurunan kemiskinan yang harus terus dipacu,” ujar Anas.
Sementara itu Bupati Lebak pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lebak akan berusaha maksimal untuk mengimplementasikan reformasi birokrasi sesuai dengan arah kebijakan Presiden.”Kami berkomitmen untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan kebijakan reformasi birokrasi khususnya di Kabupaten Lebak, dengan dukungan dan arahan dari pemerintah pusat,” ucap Iti.